23 March 2020, 19:35 WIB

Pariwisata di Sumut Ditutup Sementara Tangkal Covid-19 


 Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menutup sementara kegiatan operasional industri pariwisata di daerahnya. Hal ini sebagai upaya menangkal penyebaran wabah korona atau covid-19

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Riadil Akhir Lubis mengatakan, Gubernur Sumatera Utara telah menetapkan surat edaran terkait dengan penutupan sementara kegiatan operasional industri pariwisata.

"Penutupan sementara kegiatan operasional industri pariwisata ini dilakukan sampai dengan dua minggu ke depan," ujarnya, Senin (23/3) sore.

Mereka yang ditutup sementara adalah klub malam, diskotik, pub  karaoke, bar, panti pijat, spa, bioskop, bola gelinding, bola sodok, mandi uap dan sebagainya.

Dalam melaksanakan surat edaran ini Gugus Tugas sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, Satpol PP dan institusi penegak hukum lain untuk menindak pihak-pihak yang tidak mematuhinya.

Riadil juga mengimbau para penyelenggara MICE, seperti hotel, untuk menunda sementara semua kegiatan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Penutupan ini dinilai penting dilakukan sebagai upaya kewaspadaan infeksi korona. Terlebih jumlah pasien yang terkait dengan wabah ini di Sumut masih menunjukkan peningkatan.

Riadil kembali mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan perilaku social distancing sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan wabah korona. Selain itu masyarakat juga diminta untuk sementara tidak
membuat keramaian.

Riadil juga meminta para pelaku usaha untuk melakukan tindakan pembersihan di lingkungan usahanya masing-masing.

Para pelaku usaha juga perlu memberikan sosialisasi wabah ini kepada karyawannya dan menyediakan cairan pembersih tangan di lingkungan usaha. (OL-13)

Baca Juga:ODP Meningkat, Klungkung Bentuk Posko Siaga Darurat Bencana
Baca Juga: Aprindo Keluhkan Kelangkaan Gula dan Sebut ada Penimbun

BERITA TERKAIT