23 March 2020, 19:52 WIB

Alat Minim, Rapid Test Covid-19 di Bekasi Ditunda


Gana Buana | Megapolitan

PEMPROV Jawa Barat dan Pemkot Bekasi menunda tes massal covid-19 di Kota Bekasi. Padahal, tes yang akan dilakukan dengan cara door-to-door tersebut sudah dipersiapkan melalui rapat bersama pada Minggu (22/3) di Stadion Patriot Candrabhaga.

"Ditunda, belum ditentukan jadwal (sebelumnya dijadwalkan pada, Selasa besok),” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Darurat Penanggulangan Bencana Covid-19 Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, saat dikonfirmasi, Senin (23/3).

Tri menjelaskan, penundaan tes massal tersebut didasari atas belum ada ketersediaan alat. Selain itu mekanisme atau pola penanganan tes kesehatan secara massal sedang dipersiapkan secara detail.

“Ditunda alatnya belum siap, ditunda tidak besok dan juga mekanismenya diubah,” tegas Tri.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjuk Stadion Patriot Candrabhaga yang berlokasi di Jalan Ahamad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, sebagai lokasi tes kesehatan massal. Tes itu berupa cek darah, dahak pada batuk bagi warga terdampak Covid-19 atau Virus Corona.

Emil sapaan hangatnya mengemukakan bahwa wilayah Jabodetabek menjadi episentrum penyebaran Virus Covid-19. Di Jawa Barat sendiri saat ini terdata sebanyak 41 orang dari 55 orang positif terinfeksi Virus Corona.

“Saya hadir ke Kota Bekasi untuk berkordinasi dengan Walikota Bekasi dan mengecek kesiapan Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi untuk dipergunakan dalam pemeriksaan yang bakal direncakan digelar mulai Selasa atau Rabu pekan depan. Ini karena menunggu alat pendukung dari Pemerintah Pusat,” kata Ridwan Kamil kemarin. (OL-8)

BERITA TERKAIT