23 March 2020, 18:45 WIB

Pemprov DKI Gencarkan Pengurangan Aktivitas di Luar Rumah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Kasus positif virus korona atau covid-19 di wilayah DKI Jakarta terus meningkat. Hari ini jumlah kasus positif mencapai 356 kasus.

Angka ini meningkat sebanyak 53 kasus dibandingkan kemarin 303 kasus. Sementara untuk pasien yang sembuh meningkat dua orang, dari sebelumnya 20 orang menjadi 22 orang.

Lalu, untuk kasus pasien meninggal dunia juga mengalami kenaikan. Dari 25 orang kemarin menjadi 29 orang pada hari ini.

Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta Catur Laswanto menegaskan pihaknya terus berupaya mengendalikan penularan dengan mencegah adanya keramaian. Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari aktivitas di luar rumah.

"Sebagaimana telah saya sampaikan bahwa jumlah kasus dari waktu ke waktu selalu menunjukkan pertumbuhan. Itu fakta yang sangat khawatirkan kita semua. Kita semua kan bisa perangi virus ini mana kala masyarakat betul-betul mengikuti seruan pemerintah untuk tetap di rumah. Jaga jarak dan jangan keluar jika tidak ada urusan penting," ujarnya dalam konferensi pers di Balai Kota, Senin (23/3).

Baca juga: Paksa Orang Berkumpul di Jakarta Bisa Dipidana

Ia pun meminta agar semua pihak termasuk media agar terus menyosialisasikan imbauan terkait pengurangan aktivitas di luar rumah.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk membantu penertiban masyarakat yang masih berkerumun dan membuat keramaian yang tidak perlu. Ketegasan ini diperlukan untuk menekan penularan virus korona.

"Perlu saya sampaikan dari hasil evaluasi ditemukan beberapa kelompok masyarakat (berkumpul) dan ini tentu tindakan yang sangat membahayakan. Menurut saya,ini tidak patut," kata Catur yang juga Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI. (OL-14)

BERITA TERKAIT