23 March 2020, 15:37 WIB

Wabah Covid-19, Ma'ruf Dorong Publik Terbuka Soal Penyakitnya


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL residen Ma’ruf Amin meminta masyarakat lebih terbuka kepada petugas medis ketika memeriksakan penyakitnya. Hal ini untuk menghindari banyaknya pihak yang tertular virus Covid-19 ini, termasuk petugas medis.

“Saat periksa, anda harus ceritakan riwayat kontak anda secara terbuka supaya dokter, perawat dan tenaga lainnya di fasilitas kesehatan dapat melindungi dirinya dan merawat anda dengan benar,” kata Wapres Ma’ruf dalam keterangannya di Jakarta, Senin, (23/3) 

Ma'ruf berharap tidak ada lagi petugas medis yang meninggal ketiga bertugas menangani pandemi virus korona ini. Masyarakat bisa mengupayakan itu dengan mematuhi anjuran pemerintah seperti tetap berada di rumah, hindari kerumunan, dan jujur menyampaikan riwayat perjalanan ketika berobat ke pelayanan kesehatan. 

“Kita membutuhkan dokter, perawat, dan tenaga lainnya di fasilitas kesehatan sebagai garda terdepan untuk merawat pasien,” ucap Wapres. 

Menurutnya , bila pasien tidak jujur menceritakan riwayat kontak yang sebenarnya, sesungguhnya pasien tersebut telah membahayakan tenaga kesehatan dan orang-orang tercinta di sekelilingnya. “Keterbukaan dan kejujuran pasien akan menyelamatkan jiwa dan menghentikan penularan Corona kepada orang lain termasuk para tenaga medis,” pungkas Ma'ruf. (OL-8).

BERITA TERKAIT