23 March 2020, 12:25 WIB

Dorong Industri Rumahan, Cara Cek Endra Tekan Kemiskinan Kota


Solmi | Nusantara

BUPATI Sarolangun H. Cek Endra mendorong industri rumahan sebagai bentuk upaya meningkatkan ekonomi masyarakat perkotaan. Hal itu mengingat wilayah perkotaan minim lahan tetapi padat dengan penduduk. Berbeda dengan wilayah Sarolangun yang saat ini dipimpinnya. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dipublikasi pada Januari 2020 lalu, Indeks Keparahan Kemiskinan di wilayah perkotaan Provinsi Jambi jauh lebih serius dibanding dengan yang ada di pedesaan.  Yakni, 0,389 untuk di kota, sementara di desa mencatatkan skor 0,204 

"Kita tahu di kota itu lahannya sangat terbatas, penduduknya sangat padat, luas lahan terbatas, tentu industri rumah tangga nomor satu di Jambi untuk dikembangkan," ucap Cek Endra di Kota Baru, Jambi, Senin (23/3). 

Cek Endra melihat masing banyak peluang bisnis yang dimanfaatkan di daerah perkotaan. Terutama yang berkaitan dengan industri rumahan. 

"Seluruh kebutuhan pokok, industri makanan, kuliner harus dikembangkan di dalam kota. Kota ini industri rumah tangga lah yang bisa mengembangkan ekonomi masyarakat," ujar kandidat gubernur Jambi ini. 

Dia menyatakan perekonomian kota harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah. Hal itu untuk mencegah kota menjadi pertumbuhan masyarakat miskin. 

"Kedepan saya pikir ini perlu diperhatikan secara serius, agar ekonomi kota tidak menjadi pusat tumpuan kemiskinan, karena padatnnya penduduk, karena sempitnya lapangan pekerjaan," katanya. 

Cek Endra menyatakan program bantuan modal untuk kelurahan akan menjadi solusi. Ia berharap masyarakat perkotaan juga bisa menikmati dan mengembangkan bantuan modal tersebut. 

"Program kami setiap kelurahan 200 juta per tahun, itu bisa mengembangkan untuk modal usaha bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan," pungkasnya. (OL-13)
 

BERITA TERKAIT