23 March 2020, 14:21 WIB

Jual Alkes dengan Tidak Wajar,Tokopedia Tutup Ribuan Pelapaknya


M Ilham Ramadhan | Ekonomi

Tokopedia mengambil tindakan tegas dengan menutup ribuan toko online milik pelaku usaha yang bernaung di platformnya lantaran menjual produk kesehatan ataupun lainnya yang berkaitan dengan Covid-19 melalui harga, judul dan deskripsi yang tidak wajar.

"Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar," ujar Vice President of Corporate Communcations Tokopedia, Nuraini Razak melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (23/3).

Kemudian Tokopedia juga memotong biaya layanan hingga 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain. Selain lewat edukasi, langkah tersebut dinilai dapat mendorong penjual selalu memastikan ketersediaan produk serta menjaga harga tetap stabil.

Ketersediaan produk kesehatan dan barang pokok lainnya diperlukan karena pemerintah telah menganjurkan penerapan social distancing guna mencegah penyebaran Covid-19. Dengan begitu, penerapan belanja secara online menjadi alternatif yang dapat dilakukan.

"Juga sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online," pungkas Nuraini.

Keputusan salah satu platform unicorn tersebut diambil lantaran ditemukannya toko yang menjual obat dengan harga terlampau tinggi dibanding harga normal di pasaran. (E-1)

BERITA TERKAIT