23 March 2020, 13:46 WIB

NTT Sewa Pesawat Angkut Logistik dan Tim Medis


Palce Amalo | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyewa pesawat untuk memobilisasi logistik dan tim medis antarpulau di daerah itu terkait pandemi virus korona (covid-19).

"Kita carter pesawat TransNusa anytime (setiap saat) kalau dokter mau terbang langsung jalan saja," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat menggelar rapat persiapan penanganan virus korona di Kupang, Senin (23/3).

Menurutnya, pesawat ATR 76 tersebut disewa selama tiga bulan. Pesawat ini dijadwalkan mengangkut seorang dokter paru dari Kupang untuk disiagakan di Rumah Sakit TC Hillers di Kabupaten Sikka. Pasalnya, saat ini di seluruh wilayah NTT hanya ada empat dokter paru terdiri dari tiga orang di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang dan satu orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha di Waingapu, Sumba Timur.

Adapun dokter paru yang bertugas di Sumba Timur tersebut, sewaktu-waktu dapat ditebangkan ke Rumah Sakit Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat jika muncul warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) virus korona di Labuan Bajo. Selain itu, pesawat tersebut juga akan memobilisasi logistik untuk kebutuhan tim medis yang bertugas menangani suspek dan pasien seperti alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan lainnya.

baca juga: Kapolda Riau Siap Tindak Tegas Kerumunan Orang

Kadis Kesehatan NTT dokter Dominikus Minggu Mere menambahkan penjadwalan pesawat yang dicarter pemerintah daerah, ditentukan oleh kepala dinas kesehatan.

"Pesawat ini akan memobilisasi tenaga kesehatan ke mana saja jika dibutuhkan," tandasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT