23 March 2020, 13:24 WIB

Sweeping Penumpang Untuk Tekan Penyebaran Covid-19


Akhmad Safuan | Nusantara

JUMLAH pasien positif korona di Jawa Tengah bertambah, upaya mengantisipasi merebaknya covid-19 terus dilakukan. Selain dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal, juga dilakukan sweeping dan pelacakan dengan melibatkan kepolisian. Berdasarkan data diterima Media Indonesia Senin (23/3) jumlah pasien positif korona, PDP dan ODP di Jawa Tengah meningkat. Pasien positif covid-19 mencapai 15 orang, tiga orang di antaranya meninggal dunia. Sisanya masih dirawat di sejumlah rumah sakit. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) telah mencapai 206 orang di rumah sakit berbagai daerah di Jawa Tengah, dan orang dalam pantauan (ODP) melonjak dratis mencapai 2.644 orang tersebar di 35 kabupaten/kota.

Selain penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh wilayah hingga masuk ke rumah-rumah warga, juga dilakukan sweeping terhadap lalu lintas warga terutama menggunakan kendaraan umum yang keluar masuk suatu daerah untuk melakukan pengecekan suhu badan.

"Mobilitas warga Jepara sangat tinggi dan banyak pekerja asing, kita sweeping penumpang kendaraan umum dengan melakukan pengecekan suhu dan gejala korona,"  kata Kepala Polres Jepara Ajun Komisaris Besar Nugroho Tri Nuryanto, Senin (23/3).

Petugas kepolisian bersama TNI dan Dinas Kesehatan, lanjut Nugroho Tri Nuryanto, ditemoatkan di dipintu keluar masuk Jepara yakni di Welahan dan Mayong dengan sasaran sweeping terhadap bus yang masuk Jepara.

Secara terpisah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dalam upaya menegan penyebaran korona ini, dibentuk polisi korona yang melibatkan berbagai unsur yang bertugas persuasif yakni verifikasi dan sosialisasi untuk menghidari korona dengan hidup sehat serta pemantauan warga.

baca juga: APD Produksi RSUD Moewardi Seharga Rp50 Ribu

Selain itu, juga diturunkan tim untuk melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien positif korona. Hal itu untuk mengatasi pelacakan terhadap orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien positif korona. 

"Berbagai upaya dikakukan menekan penyebaran covid-19, bahkan seluruh rumah sakit di Jawa Tengah juga telah siap untuk memberikan perawatan terbaik," kata Ganjar. (OL-3)

BERITA TERKAIT