23 March 2020, 13:10 WIB

Atasi Pandemi Covid-19, PMI Terima Donasi Rp2 Miliar


Atalya Puspa | Humaniora

Palang Merah Indonesia (PMI) resmi menerima donasi publik sebesar Rp2 Miliar, hasil penggalangan dana yang diinisiasi oleh Influencer Rachel Vennya di situs Kitabisa.com. Donasi tersebut diterima langsung oleh Ketua PMI Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, Jakarta yang juga dihadiri CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur.

Donasi ini merupakan sebagian dari total Rp6 miliar yang terkumpul di halaman kitabisa.com/bersamacegahcovid19 (per 23 Maret). Tercatat lebih dari 96.000 donatur berdonasi di laman tersebut.

Donasi ini nantinya akan digunakan untuk mendukung program Darurat Bencana Non Alam covid-19 PMI. Dana akan disalurkan, antara lain untuk memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di rumah sakit PMI, klinik PMI, dan unit donor darah PMI di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain itu, akan disalurkan juga untuk mendanai kegiatan penyemprotan desinfektan, layanan ambulans, layanan pertolongan pertama/perawatan keluarga, layanan distribusi logistik, layanan psikososial.

“Untuk mengatasi pandemi ini perlu gotong royong banyak pihak. Donasi ini tentu sangat membantu banyak pihak melewati krisis ini,” ucap Jusuf Kalla, Senin (23/3).

Selain melalui PMI, donasi yang dihimpun oleh Rachel Vennya juga disalurkan ke Rumah Sakit rujukan korona, lembaga Sekolah Relawan dan Yayasan Rumah Teduh. Kitabisa.com bersama Rachel masih terus akan mendistribusikan donasi publik untuk mengatasi krisis ini.

Baca juga: Kadin-Yayasan Tzu Chi Galang Rp500 Miliar untuk Perangi Covid-19

Sejak covid-19 merebak di Indonesia, PMI telah melakukan berbagai gerakan, mulai dari penyediaan APD untuk tenaga kesehatan hingga penyemprotan disinfektan di fasilitas umum. Kegiatan ini tentu butuh dukungan dari banyak pihak.

“Donasi publik ini adalah amanah yang harus disampaikan dan PMI adalah salah satu lembaga tepercaya untuk membantu penyaluran donasi publik ini. Aku pribadi senang dan terbantu karena banyak pihak yang mendukung gerakan baik ini,” ujar Rachel.

Diketahui halaman galang dana yang dibuat oleh Rachel sejak 16 Maret lalu telah berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 6 miliar rupiah. Donasi yang telah terkumpul sebelumnya juga telah disalurkan langsung ke 82 rumah sakit rujukan covid-19 di Indonesia. "Bantuannya berupa APD," tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT