23 March 2020, 11:40 WIB

Rumah Sakit Darurat Korona Siap Digunakan


Andhika Prasetyo | Humaniora

Presiden Joko Widodo, Senin (23/3), mengecek kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang akan digunakan sebagai rumah sakit (RS) darurat penanganan covid-19.

Rumah sakit tersebut memiliki sarana dan prasarana lengkap, mulai dari ruang penanganan pasien, ventilator sampai alat pelindung diri bagi tenaga medis.

Fasilitas kesehatan dadakan itu juga didesain dengan tata manajemen ruang yang baik, sehingga tidak akan berbahaya bagi para tenaga medis yang menangani pasien terinfeksi korona.

"Ada wilayah ruang yang ditata dengan manajemen yang baik. Baik itu untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis. Semua ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda," lanjut dia.

Baca juga: Kemenkes Turunkan 300 Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet

Dengan semua kesiapan itu, presiden berharap RS darurat untuk menangani pasien covid-19 ini bisa mulai digunakan pada Senin (23/3) sore.

Kendati sudah sangat siap, presiden berharap RS itu tidak benar-benar digunakan. Artinya, fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada saat ini, yang memang telah disiapkan sejak lama, sudah mampu melaksanakan penanganan covid-19 dengan baik.

RS Wisma Atlet diperkirakan akan mampu menampung hingga sekitar 24 ribu pasien. Namun, untuk tahap awal, daya tampung yang disiapkan baru untuk 3.000 pasien. (OL-14)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT