23 March 2020, 11:33 WIB

Kemenkes Turunkan 300 Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet


Atalya Puspa | Humaniora

KEMENTERIAN Kesehatan melalui Badan PPSDM menerjukan kurang lebih 300 tenaga kesehatan untuk bertugas di Wisma Atlet yang kini menjadi salah satu tempat penanganan pasien Covid-19.

Kepala Pusat Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Kesehatan Diono Susilo menyatakan, nantinya, 300 tenaga kesehatan tersebut akan bekerja secara bergantian.

“Kami sudah menyiapkan kurang lebih 300 yang akan kita dayagunakan secara bergantian. Hari ini, kita akan menyiapkan 100 orang, kemudian hari berikutnya akan bergantian,” kata Dion.

Baca juga: Polri Kerahkan 30 Tenaga Medis untuk Penanganan Korona

Adapun, tenaga kesehatan tersebut berasal dari berbagai bidang, mulai dari dokter, perawat, hingga ahli farmasi.

“Kami sudah memobilisasi tenaga kesehatan termasuk tenaga kesehatan yang masih mahasiswa. Kami sudah menyiapkan beberapa jenis tenaga kesehatan di antaranya perawat, tenaga farmasi, analis, radiografer, gizi dan kesling jadi ini terkait penanganan untuk Covid-19 tidak hanya tenaga dokter saja namun tim, karena ini mengingat perlu dilakukan kolaborasi dengan tenaga kesehatan,” ujar Diono

Untuk diketahui, 300 tenaga kesehatan tersebut merupakan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Poltekkes, Nusantara Sehat Individu, organisasi profesi, dan relawan.

Mulai Senin (23/3), seluruh tim kesehatan sudah bertugas. Target ini seiring dengan telah selesainya proses perbaikan Wisma Atlet sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19. (OL-1)

BERITA TERKAIT