23 March 2020, 10:38 WIB

12 Ton Peralatan Medis Untuk Covid-19 Tiba di Indonesia


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

SETELAH tiba dari Tiongkok kemarin Minggu (22/3/2020) serta menjalani masa observasi kesehatan dan proses disinfektasi, pesawat C130 Hercules TNI AU nomor ekor A-1333 lepas landas dari Lanud Raden Sadjad Natuna menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (23/3) pukul 07.45 WIB. Pesawat yang membawa logistik medis dari Shanghai Tiongkok seberat lebih kurang 12 ton ini diperkirakan akan mendarat di Lanud Halim pukul 10.15 WIB dan akan disambut Wamenhan RI, Kasum TNI, dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di South Military Apron, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kru pesawat yang bertugas seluruhnya dalam keadaan sehat dan kembali fit untuk bertugas setelah beristirahat sambil menjalani observasi oleh petugas kesehatan Lanud Raden Sadjad. Misi penerbangan untuk mengangkut logistik medis Covid-19 ini merupakan tindak lanjut dari surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengambil peralatan kesehatan dari Shanghai, Tiongkok.

baca juga: Banyak Warga tidak Patuhi Fatwa MUI soal Korona

Bertindak selaku pimpinan penerbangan, Komandan Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Letkol Pnb Suryo Anggoro Malang beserta 17 orang kru.  Jarak tempuh penerbangan yang cukup jauh mengharuskan TNI AU untuk memberangkatkan dua set kru agar tidak melampaui ambang batas maksimum jam terbang bagi awak pesawat sesuai pedoman Lambangja (keselamatan terbang dan kerja). (OL-3)
 

BERITA TERKAIT