23 March 2020, 10:09 WIB

Pengemudi Ojol Denpasar Wajib Disemprot Desinfektan


Arnoldus Dhae | Nusantara

PEMKOT Denpasar mewajibkan seluruh pengemudi Ojek online (Ojol) untuk melakukan penyemprotan terhadap seluruh badan, sepeda motor, helm
setiap kali setelah mengantarkan penumpang. Penegasan ini disampaikan sehari setelah dilakukan sosialisasi kepada para pengemudi Ojol di Kota Denpasar dan sekitarnya. Kewajiban semprot badan sangat penting untuk memutus mata rantai penularan Covid19 di Kota Denpasar. 

"Kita tahu bahwa para Ojol ini pergerakan cukup tinggi. Mengantar penumpang kesana kemari. Kita tidak tahu apakah penumpang yang mereka antar itu sudah terpapar atau belum. Untuk memutus penularan maka kita minta badannya disemprot setiap kali setelah mengantar penumpang," ujar Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar, Dewa Gede Rai di Denpasar, Senin (23/3).

Menurut Dewa Rai, sosialisasi bahaya dan pencegahan korona kepada para Ojol terus dilakukan hampir setiap hari karena ini adalah kelompok yang paling rentan.

"Sehari sebelumnya sudah kami berikan pemahaman untuk tidak bergerombol atau sosial distancing, serta selalu menjaga kebersihan diri dengan berbekal Hand Sanitizer sebelum dan sesudah mengantar pesanan atau penumpang. Hari ini kita langsung semprotkan disinfektan. Sebenarnya ini sudah berlangsung mulai beberapa hari lalu tapi belum secara masif," ujarnya.

Penyemprotan ini dilaksanakan dengan menyasar kendaraan, tas ramah lingkungan serta jaket pengendara. Sehingga diharapkan dapat menjaga kesehatan pengendara ojek online dan memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat dan pengguna jasa ojek online. Dewa Rai berharap penyemprotan disinfektan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Baik secara mandiri dilaksanakan oleh pengendara ojek online atau melaksanakan secara kolektif bersama Dinas Perhubungan Kota Denpasar.

baca juga: Cegah Korona, Polisi Lembang Bubarkan Pengunjung di Rumah Makan

"Kami menghimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan selalu membekali diri dengan Hand Sanitizer untuk menciptakan keamanan dan kenyemanan serta sebagai upaya dini mencegah penularan virus korona," paparnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT