23 March 2020, 07:51 WIB

Abe Buka Peluang Tunda Olimpiade


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PERDANA Menteri Jepang Shinzo Abe, Senin (23/3), mengatakan menunda Olimpiade 2020 di Tokyo bisa menjadi opsi jika pesta olahraga itu tidak bisa digelar secara penuh.

Namun, Abe, di hadapan parlemen Jepang, memastikan membatalkan Olimpiade bukanlah opsi.

Sebelumnya, Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan mereka sepakat mulai membicarakan skenario alternatif penyelenggaraan Olimpiade Tokyo sebagai respons meningkatnya kekhawatiran terkait pandemi global Covid-19.

Baca juga: Carl Lewis Minta Olimpiade 2020 Ditunda Dua Tahun

Skenario alternatif tersebut mencakup opsi memodifikasi rencana awal penyelenggaraan Olimpiade Tokyo jika tetap dilangsungkan sejak 24 Juli, nanti serta opsi mengubah tanggal dimulainya pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Akan tetapi, IOC menegaskan pembatalan Olimpiade Tokyo 2020 bukanlah sebuah solusi sehingga itu tidak akan menjadi agenda pembicaraan ke depan.

Langkah tersebut diyakini akan bisa membuat IOC memahami lebih jauh tentang perubahan yang begitu cepat terkait kondisi kesehatan di dunia maupun Jepang khususnya, demikian lansiran laman resmi IOC, Senin (23/3) dini hari WIB. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT