22 March 2020, 22:45 WIB

Tetap Sehat selama Social Distancing


Mediaindonesia.com | Humaniora

BANYAk tempat umum yang ditutup belakangan ini menyusul merebaknya penyebaran virus korona (covid-19 ) di Tanah Air. Hal itu guna mencegah penyebaran virus  mematikan tersebut.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah guna memperlambat penyebaran virus yang sangat menular itu. Hal ini selaras dengan hasil studi terbaru yang menyebut bahwa covid-19 dapat hidup dan menyebar melalui permukaan benda yang dekat dengan aktivitas sehari-hari.

Mantan atlet Olimpiade Inggris yang kini menjabat Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife, Samantha Clayton mengatakan kekhawatiran akan tertular virus memang membuat banyak orang gelisah dan kemudian memborong masker, obat anti septik, dan pencuci tangan secara berlebihan. Ditambah lagi misinformasi dari media sosial yang membuat keadaan semakin parah.

Ia pun menyarankan masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dengan mempraktikkan sosial distancing.

"Kita hanya perlu waspada dan memanfaakan waktu di rumah untuk perawatan diri dan memperbanyak rutinitas kebugaran," ujar Clayton dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (22/3).

Selama aktivitas fisik, kata dia, tubuh akan melepaskan endorfin secara alami.

"Peningkatan hormon bahagia ini dapat meningkatkan suasana, kepercayaan diri dan membantu mengurangi tingkat stres ," ujarnya.

Olahraga teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, peningkatan kepadatan tulang, peningkatan mobilitas sendi, peningkatan kognisi, peningkatan mood, peningkatan fungsi metabolisme, peningkatan massa otot, dan kekuatan.

"Selana masa-masa penuh tekanan seperti sekarang, salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah membuat kegiatan kehidupan sehari-hari terasa lebih mudah " jelasnya.

Berolahraga, kata dia, akan membantu pola pikir tetap fokus dan rasional. Berolahraga juga tidak perlu ruangan yang luas.

"Kita hanya perlu menggerakan seluruh tubuh untuk meregangkan dan menguatkan otot," ujarnya. 

“Singkatnya, gunakan waktu di rumah untuk melakukan perawatan diri, serta meluangkan waktu untuk melatih tubuh. Jangan lewatkan semua manfaat kesehatan dari olahraga. Tetapi tentu saja jika sakit jangan paksa berolahraga,” tutup Clayton. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT