22 March 2020, 19:28 WIB

Cegah Penularan Covid-19, Opsi Penundaan SBMPTN Dikaji


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PENYEBARAN virus korona (Covid-19) di Tanah Air yang terus meningkat membuat kegiatan di sejumlah satuan pendidikan tidak dapat berjalan lancar.

Penyelenggaraan ujian nasional (UN) misalnya, sejumlah daerah memutuskan untuk menunda pelaksanaan UN sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, perguruan tinggi dan sekolah telah mengalihkan kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi kegiatan belajar di rumah melalui daring.

Jika wabah Covid-19 tidak kunjung reda, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pun terancam tidak bisa dilaksanakan/ditunda.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengungkapkan, saat ini panitia pelaksana SBMPTN sedang menyiapkan segala kemungkinan jika penyebaran Covid-19 masih terjadi hingga jadwal yang telah ditetapkan.

“(Pelaksanaan SBMPTN 2020) sedang dikaji dan disiapkan oleh panitia,” kata Nizam saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (22/3).

Baca juga : Pemerintah akan Lakukan Mitigasi Cegah Korban Jiwa Tenaga Medis

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Mohammad Nasih. Menurutnya, saat ini LTMPT tengah menyiapkan sejumlah skenario jika nantinya UTBK harus ditunda akibat Covid-19.

Tidak menutup kemungkinan juga UTBK akan dilaksanakan secara daring apabila ujian di kelas tidak dapat dilaksanakan.

“Kita sedang siapkan penundaan UTBK sekalian mempersiapkan UTBK online,” kata Nasir.

Nasir pun tidak dapat memastikan sampai kapan UTBK akan ditunda. Sebab, pelaksanaan UTBK di dalam kelas harus memastikan situasi dan kondisi telah aman bagi peserta untuk melakukan ujian bersama-sama di kelas.

Selain itu, LTMPT masih mencari format yang tepat untuk pelaksanaan UTBK secara online.

“Belum ketemu formatnya karena sebenarnya UTBK yang ada itu sudah online. Bagaimana pengawasan dan lainnya juga belum ketemu,” tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT