22 March 2020, 18:09 WIB

Tambah 40 Kasus, Positif Covid-19 di Jakarta jadi 307


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

JURU bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengatakan per 22 Maret secara nasional terdapat penambahan 64 kasus baru covid-19 sehingga totalnya mencapai 514 kasus.

Jakarta menjadi penyumbang kasus positif terbanyak dengan 40 kasus, sehingga terdapat 307 kasus positif Covid-19 di ibu kota saat ini.

Penambahan lain terjadi di Jawa Barat 4 kasus, Jawa Tengah 1 kasus, Jawa Timur 15 kasus, Kalimantan Selatan 1 kasus, Maluku 1 kasus, dan Papua dengan 2 kasus.

"Ada penambahan kasus baru sebanyak 64 orang sehingga totalnya sekarang 514 orang," kata Yurianto dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Minggu (22/3).

Yurianto melanjutkan seluruh data kasus terbaru sudah diberikan ke dinas kesehatan di daerah untuk melakukan pelacakan kontak dekat mengantisipasi kemungkinan penularan.

Baca juga :Pasien Covid-19 Meninggal 48 Orang, Sembuh 29 Orang

"Data ini sudah kami berikan ke kepada dinas kesehatan provinsi untuk kepentingan pelacakan kontak. Informasi ini juga sudah diinfokan kepala dinas ke kepala daerah," tambahnya.

Dengan melihat data kasus yang terus naik tersebut, imbuh Yurianto, pemerintah kembali mengingatkan pentingnya melakukan pembatasan sosial. Pemerintah berharap masyarakat saling mengingatkan dan mengawasi.

"Semua harus berperan dalam penanganan pandemi ini, tidak bisa hanya pemerintah saja, melainkan butuh sinergitas dari seluruh komponen dan utamanya masyarakat itu sendiri," ucapnya.

Untuk penderita covid-19 yang meninggal dunia juga terdapat penambahan 10 orang dari posisi sebelumnya. Kini, total korban meninggal mencapai 48 orang.

Penambahan juga terjadi pada pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang. Total pasien covid-19 yang sembuh hingga kini menjadi 29 orang. (OL-7)

BERITA TERKAIT