22 March 2020, 17:43 WIB

Obat dan Perlengkapan Medis dari Tiongkok Tiba di Jakarta Besok


Indriyani Astuti | Humaniora

PESAWAT Hercules milik TNI yang mengangkut obat-obatan dan perlengkapan kesehatan dari Tiongkok untuk penanganan virus korona Covid-19 diketahui telah tiba di Natuna Kepulauan Riau.

Obat-obatan dan perlengkapan medis itu, kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, akan diterbangkan ke Jakarta Senin (23/3) pagi untuk membantu penanganan virus yang bermula di Wuhan, Tiongkok itu.

"Kita sudah terbangkan kemarin satu pesawat hercules. Hari ini mereka terbang dari Shanghai menuju ke Jakarta. Kemungkinan akan transit dulu di Ranai karena jaraknya agak jauh," kata Hadi seusai konferensi pers bersama di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3).

Baca juga : Gugus Tugas Covid-19 Sebut APD dan Reagen PCR Paling Dibutuhkan

Pesawat berkapasitas sembilan ton itu membawa obat-obatan, termasuk masker dan alat pelindung diri, dijadwalkan akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, esok (23/3) pukul 09.30 WIB. Saat ini, terang Hadi, pesawat tersebut akan diistirahatkan selama 27 jam dan dilakukan disinfektan terlebih dahulu.

Obat-obatan yang diangkut dari negeri tirai bambu itu, akan diserahkan pada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Barang-barang itu menjadi tanggung jawab gugus tugas, sehingga nanti digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wakil Menteri Pertahanan dan Kasum TNI," tukas Hadi. (OL-7)

BERITA TERKAIT