22 March 2020, 16:35 WIB

Penyemprotan Disinfektan di Sekolah dan Halte


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan penyemprotan disinfeksi secara rentak di lima wilayah kota Ibu kota sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19, pada Minggu (22/3).

Tidak hanya sepanjang jalanan yang dilakukan penyemprotan disinfektan, fasilitas umum seperti halte bus dan sekolah juga dibersihkan. Hal itu berdasarkan laporan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan dalam akunnya @humasjakfire.

Penyemprotan disinfektan dilakukan pada fasilitas umum di Jalan Prapanca Raya hingga di depan Sekolah High Scope, Jakarta Selatan. Beberapa sekolah yang disemprot adalah dari SMK Penerbangan, SMA Negeri 6, dan SMA Negeri 70, Jakarta Selatan.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan dalam kegiatan yang dilakukan sejak 08.00 WIB, sebagian besar dinas terlibat. Seperti personel gabungan baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perhubungan, PPSU serta didukung oleh personel TNI maupun Polri.

"Kami saling bahu membahu terlibat pada kegiatan ini," kata Yogi kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (22/3).

Baca juga:  Pasar Tanah Abang Disemprot Disinfektan

Adapun jalanan yang dilakukan penyemprotan disinfektan ialah di Jakarta Pusat berada di kawasan patung kuda Kencana Thamrin, Taman Budaya Dukuh Atas, Stasiun Sudirman, Stasiun Bandara BNI, Stasiun Gambir dan Senen.

Lalu di Jakarta Barat di Kota Tua. Jalanan di Jakarta Timur ada di Jalan Raya Bogor-Kramat Jati dan Jatinegara. Di Jakarta Selatan ada Pasar Festival dan diJakarta Utara ada Jakarta Islamic Center, SKKT dan GOR.

Menurut Yogi, pihaknya menyediakan mobil sweeper sebanyak 20 unit mobil. Kalau dari Satpol PP menurunkan 100 personil dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan membawa robot LUF60. Robot tersebut digunakan di depan hotel Pullman hingga ke stasiun duku atas

"Aktifitas kegiatan fokus pembersihan di sarana dan prasarana yang sering disentuh masyarakat, di trotoar, dan halte," jelas Yogi.

Yogi juga mengatakan warga juga bisa melakukan disinfeksi di rumah. Bisa dimulai dengan membuat disinfektan secara mandiri, lalu menyemprotkannya pada permukaan peralatan yang sering disentuh, misalnya handphone, gagang pintu, dan saklar. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT