22 March 2020, 15:20 WIB

Gereja Katolik dan Kristen di Purwokerto Gelar Ibadah Online


Lilik Darmawan | Nusantara

Gereja-gereja besar di Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) meniadakan ibadah tatap muka dan kegiatan di gereja. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dalam pernyataan tertulisnya, Uskup Dioses Purwokerto, Mgr Christophorus Tri Harsono, mengatakan bahwa terhitung sejak Jumat (20/3) hingga 2 April mendatang, meniadakan seluruh perayaan ekaristi. ''Kami meminta agar umat mengikuti perayaan ekaristi yang disiarkan secara streaming. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan bagi keluarga untuk beribadah bersama,'' kata Uskup pada Sabtu (21/3).

Baca Juga: Umat Katolik Diimbau Ikuti Misa Secara Online

Menurutnya, selain prosesi keagamaan itu, seluruh kegiatan gerejawi seperti latihan koor, latihan liturgi pekan suci, ibadat jalan salib, pengakuan dosa bersama, pendalaman iman, dan lainnya juga ditiadakan. ''Keuskupan Purwokerto akan terus memantau situasi dan akan menentukan  kebijakan selanjutnya,'' katanya.

Sementara GKI Martadireja juga menyatakan bahwa gereja tersebut tidak akan melaksanakan kebaktian secara tatap muka. ''Ibadah minggu pada 22 dan 29 Maret dilaksanakan di rumah masing-masing. Demikian juga dengan sekolah minggu dan kebaktian remaja,'' ungkap Pendeta Stefanus Liem.

Baca Juga: Antisipasi Covid-19, PGI: Kebaktian di Gereja Bisa Secara Online

Menurutnya, ibadah tetap akan dilaksanakan meski tidak dalam bentuk pengumpulan massa di gedung gereja. Pihaknya juga telah menyiapkan prosesi kebaktian khusus dan kotbah yang disebarkan melalui media sosial. (LD/OL-10)

BERITA TERKAIT