22 March 2020, 13:57 WIB

Halau Covid-19 Banyumas Siapkan Tim Khusus Bubarkan Kerumunan


Lilik Darmawan | Nusantara

Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menggerakkan tim khusus yang terdiri dari Satpol PP dan Linmas untuk membubarkan kerumunan massa dan mengingatkan orang dalam pemantauan (ODP). Pemkab juga telah 
mengisolasi sejumlah warga yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19. 

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pihaknya mulai melaksanakan pengetatan pengawasan di wilayah Banyuma karena sudah ada dua yang positif Covid-19. "Pasien yang positif salah satunya masih dirawat di RSUD Margono Soekarjo. Setelah positif, maka tim menyusuri siapa saja yang sempat kontak dengan pasien tersebut terutama keluarganya yang berada di Kelurahan Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur. Selain itu, sejak pagi tadi, tim juga mengisolasi lima warga di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, karena baru diketahui kalau jenazah anggota keluarganya yang meninggal dan dikuburkan di desa setempat beberapa hari lalu, positif Covid-19," ujar Bupati Achmad Husein, Minggu (22/3).

Tim untuk membubarkan kerumunan massa dan memperingatkan ODP, jelas Bupati, terdiri dari Satpol PP dan Linmas akan terus berkeliling dan membubarkan kerumunan. Hal ini dilaksanakan untuk mentaati adanya social distancing,.

Sampai saat ini di Banyumas ada 164 ODP dan pasien dalam pengawasan (PDP) sembilan orang. Sedangkan yang pisitif ada dua, Satu diantaranya meninggal di Jakarta dan dimakamkan di Banyumas.(OL-13)

BERITA TERKAIT