22 March 2020, 10:45 WIB

Palangka Raya  Zona Merah Covid-19, Ini Antisipasi Pemprov Kalten


Surya Sriyanti | Nusantara

GUBERNUR Kalimantan Tenmgah (Kalteng) Sugianto Sabran menetapkan sejumlah langkah darurat untuk Palangka Raya setelah  kota ini ditetapkan oleh Tim gugus percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng sebagai zona merah pasca ditemukan dua  orang positif covid-19.

Langkah yang akan dilakukannya antara lain, membentuk tim yang tugasnya memastikan ketersedian pangan. Selain itu juga akan meminta kepada tim satgas pangan Kalteng  rutin melakukan pemantauan stok bahan pangan di pasar.

"Kita tak ingin ada yang melakukan penimbunan bahan pangan,"tegasnya.

Selain itu, sejumlah gedung pemerintah disiapkan khusus digunakan untuk pasien korona dan untuk tempat standby dokter dan perawat.  "Kita akan gunakan Hotel Dandang Tingang sebagai tempat standby dokter dan perawat yang menangani Corona," ujarnya.

Saat ini, kata Sugianto Sabran,  jumlah dokter di Kalteng untuk dokter spesialis ada  296 orang, dokter umum  560 orang, perawat ada 6 ribu orang dan ada sekitar 3 ribu bidan.  Kemudian untuk jumlah masker mencapai 1,2 juta lembar yang tersebar di 14 kabupaten/kita se- Kalteng.

"Saya sudah minta.kepada bupati paling tidak mengeluarkan 30-40 persenya,"tegasnya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT