22 March 2020, 11:50 WIB

Tenda untuk Screening Pasien Sebelum Masuk IGD


Kristiadi | Nusantara

Tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tasikmalaya telah mendirikan 2 tenda di halaman parkir kendaraan di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soekardjo guna mengantisipasi penyebaran virus korona atau covid-19.

Direktur utama RSUD dr Soekardjo, Wasisto mengatakan berdirinya 2 tenda ini merupakan langkah persiapan yang dilakukannya oleh tim gugus tugas percepatan penanganan. "Karena kunjungan pasien semakin banyak, maka tim akan melakukan penyaringan awal di tenda tersebut jika ada pasien yang hendak masuk ke ruang perawatan Instalansi Gawat Darurat (IGD)," ujar Wasisto, Minggu (22/3).

Baca juga: Alkohol 70% Langka di Apotek Tasikmalaya

Tenda tersebut, imbuhnya, didirikan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Kodim 0612 Tasikmalaya bersama Polres Tasikmalaya Kota. "Jadi, tenda tersebut digunakan untuk screening pasien atau penyaringan pertama sebelum masuk ke ruang IGD untuk mengantisipasi virus korona. Jika terbukti bukan orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), mereka dipersilahkan masuk. Namun, jika pasien terindikasi ODP dan PDP, petugas langsung memasukkan ke ruangan isolasi covid-19," paparnya.

Jadi, lanjut Wasisto, fungsi dua tenda tersebut untuk mengantisipasi supaya pasien tidak bercampur dengan pasien penyakit lainnya. "Lalu petugas medis akan memanggil keluarganya terutama meminta riwayat dan kondisi sekarang supaya tidak berbahaya," ujarnya.

Menurut Wasisto, pihaknya tidak mau semua pasien masuk ke IGD tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. "Dengan mendirikan tenda tersebut pasien-pasien bisa diperiksa lebih dahulu. Ini sebagai upaya menjaga tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tetap sehat dan optimal melayani pasien," paparnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT