22 March 2020, 09:41 WIB

NasDem Jateng Baru Rekomendasi Calon Bupati di Dua Kabupaten


Akhmad Safuan | Nusantara

HINGGA saat ini Partai NasDem Jawa Tengah baru merekomendasikan pasangan calon yang akan maju ke Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Demak yaitu pasangan Mugiyono-Ali Makhsum dan Kabupaten Kebumen, pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati. 

"Sudah dapat rekomendasi, pasangan calon diusung koalisi NasDem dan Gerindra. Kemungkinan akan merapat partai lain," kata Sekretaris Partai NasDem Demak, Suwarjo, Minggu (22/3).

Sementara daerah lain masih menunggu dan diperkirakan juga dalam waktu dekat dilakukan karena mengingat arah koalisi dan calon yang diusung juga mulai mengerucut, terutama pada daerah dengan kantong suara NasDem cukup besar seperti Blora dan Rembang yang memiliki tujuh kursi di DPRD setempat.

Di Rembang Partai NasDem telah membentuk tim pemenangan Pilkada 2020 hingga tingkat desa, karena partai dengan tujuh kursi di DPRD Rembang ini erencana mengusung calon sendiri.

"Kita bentuk tim pemenangan hingga sampai tingkat desa, sedangkan untuk koalisi ada beverapa partai yang sudah mantab bersama," kata Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Kabupaten Rembang, Atna Tukiman.  Sekretaris DPW Partai NasDem Jawa Tengah Ali Masyur mengatakan di Kabupaten Blora telah mengarah berkoalisi dengan PPP untuk mengusung calon sendiri, bahkan dimungkinkan partai lain juga merapat memberikan kekuatan untuk memenangi pilkada daerah itu.

"Kalau nama calon masih digodok bersama dengan partai koalisi, meskipun arah calon sudah jelas siapanya ada pada Ketua DPW Jateng Setya Maharso, Ketua DPD Blora Sri Sudarmini dan Bupati Blora Djoko Nugroho," imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua DPD Partai NasDem Blora Sri Sudarmini bahwa koalisi untuk mengusung calon sudah terjalin yakni dengan PPP, hanya untuk calon nama yang muncul bakal diusung NasDem adalah istri Bupati Blora Umi Kulsum. 

"Kalau untuk wakil diserahkan ke PPP," ujarnya.

baca juga: Pasien Berstatus PDP di Ternate Membaik dan Dipulangkan Dari RS

Dari Blora, Ketua DPC PPP Kabupaten Blora Abu Nafi mengatakan sudah ada kesepakatan koalisi antara NasDem-PPP di Blora, namun untuk nama pasangan calon yang akan diusung merupakan kewenangan DPP.

"PPP Nasdem memang sudah sepakat koalisi, sedangkan penentuan lebih lanjut ada pada DPP," imbuhnya. (OL-3)


Akhmad Safuan/AS)

BERITA TERKAIT