22 March 2020, 07:52 WIB

Kantor Walikota, Gedung DPRD dan Fasum Disemprot Disinfektan


Apul Iskandar | Nusantara

UNTUK mengantisipasi penyebaran virus korona, Pemko Pematangsiantar melakukan penyemprotan cairan disinfektan sekaligus sosialisasi pencegahan penularan covid-19 melalui pembagian brosur, Sabtu (21/3).

Penyemprotan dilakukan di sejumlah tempat, yakni Kantor dan Rumah Dinas Walikota, Lapangan Merdeka,Taman Bunga, gedung DPRD dan Mapolres. Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kusdianto mengatakan, untuk menindaklanjuti pencegahan covid-19 Pemko Pematangsiantar harus bergerak cepat mengambil langkah-langkah nyata. Salah satunya, melakukan penyemproton cairan disinfektan di titik-titik yang banyak dikunjungi masyarakat.

Dikatakan Kusdianto, penyemprotan disinfektan, sosialisasi, dan pembagian brosur akan terus dilakukan Pemko Pematangsiantar bersama Dinas Kesehatan untuk mencegah sedini mungkin penyebaran covid-19 di Kota Pematangsiantar.

"Saya juga mengimbau kepada camat, lurah, dan masyarakat untuk ikut bersama membersihkan lingkungan dan mengurangi kegiatan di luar rumah yang kurang penting. Serta aktif melaporkan atau memeriksakan diri kepada petugas kesehatan yang ada di wilayah masing-masing apabila habis berpergian, terutama dari luar kota," terang Kusdianto.

baca juga: Bupati Klaten Blusukan ke Pasar Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Ia juga mengajak tokoh agama dan masyarakat untuk membantu menenangkan masyatrakat agar tida panik namun tetap waspada menghadapi pandemi covid-19. Sementara brosur yang dibagikan berisi imbauan social distancing, yakni mengajak masyarakat sebisa mungkin berdiam di rumah, menghindari tempat tertutup dan lembab seperti gedung ber-AC, menghindari tempat umum seperti 
mall dan bioskop. Kemudian, menghindari kegiatan massal dan menghindari berjabat tangan. Masyarakat juga diajak untuk rutin berolahraga, makan makanan bergizi dan seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, dan sering mencuci tangan dengan sabun. 

"Bila bepergian ke luar rumah gunakan masker. Jangan lupa minum air putih 8 gelas per hari, dan bila ada gejala demam dan sesak napas segera periksa ke dokter," saran Kusdianto. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT