21 March 2020, 22:02 WIB

Mencegah Virus Korona dengan Puluhan Gentong


Antara | Nusantara

ADA cara untuk yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur. Mereka menyediakan puluhan gentong air sebagai sarana cuci tangan, demi membiasakan masyarakat menjaga kebersihan, mencegah penyebaran virus korona.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan tempat cuci tangan tersebut ditempatkan salah satunya di Jalan Doho, Kota Kediri. Tempat itu bisa dimanfaatkan dengan baik bagi pengunjung atau pun pedagang yang ada di Jalan Dhoho Kediri agar selalu hidup bersih dan sehat. "Kami akan suplai air dan sabun cuci tangan, ya jangan sampai nanti diambil sabunnya, kita saling menjaga," kata Wali Kota di Kediri, Sabtu (21/3).

Wali Kota juga meminta warga untuk ikut menjaga fasilitas cuci tangan tersebut, jangan sampai nanti ada tangan-tangan tidak bertanggung yang merusaknya. "Warga yang tahu sabunnya habis dan pegawai kami belum isi, bisa lapor ke Call Center COVID-19 atau kalau mau swadaya mengisi ya lebih baik," ujar dia.

Pemasangan tempat cuci tangan tersebut diapresiasi warga. Ahmad, salah satu pengunjung di Jalan Dhoho Kediri. Menurutnya, Pemerintah Kota Kediri telah melakukan langkah yang tepat dalam menekan penyebaran virus korona ini.

"Alhamdulillah Pemerintah Kota Kediri menyiapkan untuk pembersih tangan. Mungkin ini lebih baik karena kita telah melakukan pencegahan. Memang kalau penyakit itu ada di diri kita sendiri tinggal kita mengusahakannya untuk terus hidup bersih dan sehat," kata Ahmad.

Heri, salah seorang pedagang di Jalan Doho Kediri mengatakan tempat cuci tangan diperlukan oleh warga. Jalan Doho Kediri termasuk pusat keramaian, sehingga pengunjung, juru parkir ataupun pedagang bisa lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan dengan mencuci tangan. "Saya sudah mencoba cuci tangan di tempat itu dan pengunjung Jalan Doho lainnya juga banyak yang cuci tangan di situ. Mudah-mudahan masyarakat Kota Kediri tidak ada yang terkena virus korona, karena langkah yang diambil pemerintah luar biasa," kata Heri.

Heri juga mengatakan bahwa sejak adanya virus korona ini, pengunjung di Jalan Dhoho Kediri memang mengalami penurunan. Namun dirinya optimis ini semua akan segera berlalu. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT