21 March 2020, 14:43 WIB

Sumut Isolasi 205 Orang Diduga Terpapar Covid-19


Yoseph Pencawan | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Sumatera Utara (Sumut) telah mengisolasi 205 orang yang diyakini pernah kontak langsung dengan dua pasien positif korona..

Wakil Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan menyampaikan bahwa sampai dengan Jumat (20/3) malam, jumlah pasien positif covid-19 di Sumut masih sebanyak dua orang, satu di antaranya meninggal dunia.

Pihaknya sudah melakukan penyelidikan epidemiologi, yakni menelusuri pola kesehatan dan penyakit serta faktor-faktor yang terkait dengan pasien.

Dinkes Sumut juga men"trace" siapa-siapa saja yang pernah kontak langsung dengan kedua pasien. Ini dilakukan utamanya untuk memutus rantai penularan.

"Saat ini kami sudah mendapatkan 205 orang dan sudah diisolasi di rumah secara mandiri," ujar Alwi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Sabtu (21/3) pagi.

Dia berharap mereka yang diisolasi dapat melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, karena jika tidak, mereka berpeluang membahayakan orang lain.

Meskipun sudah mendapatkan 205 orang yang diyakini pernah kontak langsung dengan pasien positif korona, serta mengisolasinya, tetapi Alwi meragukan hal itu sudah cukup untuk menghentikan jumlah PDP.

Dalam dua minggu ke depan, dia memerkirakan jumlah PDP di Sumut masih akan bertambah, khususnya mereka yang berpotensi terpapar dari kedua pasien positif korona.

Belum lagi mereka yang pernah berkunjung ke daerah terjangkit, seperti tempat tinggal atau tempat beraktivitas lain dari kedua pasien tersebut.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT