21 March 2020, 14:42 WIB

Senin (23/3), 2.400 Kamar Wisma Atlet Siap Jadi Rumah Isolasi


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MULAI Senin (23/3) besok, sebanyak 2.400 kamar di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, siap digunakan untuk rumah sakit darurat virus korona (Covid-19) dan rumah isolasi.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengatakan selain Wisma Atlet, wilayah Pulau Sebaru juga dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat.

"Hari Senin sudah bisa dipakai 2.400 kamar di Wisma Atlet, juga di Pulau Sebaru. Wisma Atlet di Kemayoran kalau sepuluh tower dipakai, itu jumlah pasien yang bisa dirawat sekitar 22.200 orang," ujar Fadjroel sebuah diskusi, Sabtu (21/3).

Adapun lokasi lainnya, yakni Pulau Galang di Kepulauan Riau, siap digunakan sebagai rumah sakit darurat dan ruang isolasi dalam dua minggu mendatang.

Baca juga: Jadi RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Disemprot Disinfektan

"Dan yang akan disiapkan dalam dua minggu lagi itu Pulau Galang," imbuh Fadjroel.

Pemerintah berupaya keras menangani pandemi virus korona yang semakin meresahkan masyarakat. Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan tiga fokus utama dalam situasi krisis, yakni kesehatan, perlindungan kepada masyarakat dan pelaku usaha.

"Terkait kesehatan, yakni mengerahkan segala daya upaya untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat keseluruhan. Jadi penyediaan obat-obatan, penyediaan alat kesehatan, termasuk penyediaan sarana,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan empat menara di Wisma Atlet Kemayoran, untuk dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat Covid-19.(OL-11)

BERITA TERKAIT