21 March 2020, 11:02 WIB

Jakarta Darurat Covid-19, Anies Jamin Stok Bahan Pokok Aman


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjamin stok kebutuhan pokok aman seiring penetapan status Ibu kota Negara sebagai darurat bencana Covid-19.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, lanjut Anies, juga berupaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok. "Kami memastikan stoknya tersedia, dengan ada supply yang cukup dan demand yang terukur. Kami tahu kebutuhan masyarakat di Jakarta. Insha Allah stabilitas harga terjadi," ujar Anies dalam keterangan resmi, Sabtu (21/3).

 Untuk menghindari lonjakan harga kebutuhan pokok, pemerintah akan melakukan pembatasan pembelian kebutuhan pokok, agar tidak terjadi penimbunan.

"Pembelian yang berlebihan itu yang bisa mengganggu stabilitas harga. Ini disepakati dalam pertemuan asosiasi perdagangan retail di Jakarta," pungkas Anies.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Situs Resmi Info Virus Korona

“Insha Allah ini akan kita jaga. Kita juga kerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan tidak terjadi belanja yang berlebih, dan juga (praktik) pernimbunan di Jakarta," imbuhnya.

Diketahui, penetapan Jakarta sebagai darurat virus korona (Covid-19) berdasarkan situasi yang dihadapi Ibu kota selama pandemi global. Jumlah kasus positif dan angka kematian akibat Covid-19 di Jakarta terus meningkat.

Ketua Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI Jakarta, Catur Laswanto, mengatakan total pasien yang dinyatakan positif di Jakarta per Jum’at (20/3) sebanyak 224 orang. Adapun pasien yang sembuh tercatat 13 orang dan korban meninggal sebanyak 20 orang.(OL-11)

BERITA TERKAIT