21 March 2020, 10:05 WIB

Bukit Asam dan Pertamina Sinergi Gasifikasi


MI | Ekonomi

PT Bukit Asam dan Pertamina sepakat untuk bersinergi dalam pengelolaan energi nasional dengan menandatangani kerja sama gasifi kasi batu bara menjadi metanol.

 

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi sinergi kedua BUMN bidang energi tersebut. Baginya, sudah seharusnya Indonesia mengubah pola pikir tak hanya ekspor barang mentah.

 

 “Pengembangan ini sangat baik bagi potensi ketahanan energi kita ke depan. Batu bara yang selama ini merupakan komoditas mentah bisa diolah menjadi produk, dalam hal ini metanol. Jadi, dari orientasinya proyek menjadi produk,” ujar Erick dalam keterangan resminya di Jakarta, kemarin.

 

Indonesia, kata Erick, harus punya terobosan dalam mengelola komoditas sendiri untuk dijadikan sumber energi alternatif.

Pertamina Integrasikan Kilang TPP denga GRR Tuban

 Bukit Asam selaku penyedia batu bara nasional akan bersinergi dengan Pertamina untuk mengubah materi batu bara menjadi metanol yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif.

 

 Kerja sama Pertamina dan Bukit Asam menjadi sebuah terobosan baru dalam dunia energi nasional karena selama ini batu bara hanya menjadi komoditas mentah. (Ant/E-3)

BERITA TERKAIT