21 March 2020, 05:40 WIB

PMI Siapkan 2.000 Personel Semprot Disinfektan ke Seluruh Penjara


(Ant/P-2) | Politik dan Hukum

KETUA Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan pihaknya siap melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (rutan) di Indonesia sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

"Semua penjara akan diperiksa dengan cara ini. Saya kira PMI siap karena sekarang kami sedang membentuk sekitar 2.000 personel di seluruh Indonesia untuk kegiatan ini," kata JK seusai menyaksikan penyemprotan disinfektan di LP Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, kemarin.

JK mengatakan penyemprotan disinfektan di LP penting dilakukan karena dalam lokasi tersebut terdapat warga binaan yang tidak bisa bebas keluar dan masuk area LP. Oleh karena itu, sterilisasi secara teratur harus dilakukan.

Terlebih lagi, lanjut JK, jumlah warga binaan di dalam LP Kelas 1 Cipinang empat kali lebih banyak daripada muatan yang seharusnya. Apabila satu warga binaan saja terinfeksi covid-19, penyebaran di dalam LP akan lebih cepat dan berbahaya.

"Ini kan ada kerumunan tetap, padat pula, (jumlahnya) empat kali lipat daripada kapasitasnya, Oleh karena itu, memang secara teratur harus disterilkan pada zaman ini," imbuh JK.

Penyemprotan disinfektan di dalam LP dan rutan tidak perlu memindahkan warga binaan karena kandungan alkohol pada cairan tersebut aman apabila mengenai manusia.

"Tidak apa-apa, (disinfektan) kena orang pun tidak soal karena orang itu kadang-kadang dibersihkan. Ini kan sama dengan Anda pakai sabun tangan, itu kan disinfektan juga. Ini tidak berbahaya, ini kan bukan racun," jelas JK.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) Yasonna Laoly yang turut mendampingi JK dalam penyemprotan di LP Cipinang mengapresiasi layanan PMI dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, utamanya di lingkungan tahanan.

Yasonna mengatakan pihaknya akan mengoordinasikan dengan seluruh kantor wilayah Kemenkum dan HAM di daerah terkait dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di LP dan rutan.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PMI, dan Pak JK sebagai Ketua Umum PMI sudah memerintahkan seluruh PMI daerah bekerja sama dengan LP dan kanwil kami untuk membantu penyemprotan disinfektan ini," kata Yasonna. (Ant/P-2)

BERITA TERKAIT