20 March 2020, 20:01 WIB

Patuhi Instruksi Presiden Jadi Alasan DPRD Tunda Pemilihan DKI-2


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menjelaskan penundaan pemilihan wakil gubernur karena mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi kegiatan di kerumunan. Hal itu seiring semakin tingginya pasien positif korona di Ibu Kota.

"Saya lebih memutuskan mengambil langkah antisipasi, sesuai dengan arahan langsung Bapak Presiden Joko Widodo untuk tidak melaksanakan mobilitas massa dalam bentuk apapun," kata Prasetyo di Jakarta, Jumat (20/3).

Sore tadi ia mengaku baru saja menandatangani surat penundaan pelaksanaan paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Hal itu sebagai bentuk keprihatinan terhadap pandemi virus corona yang terjadi," kata Prasetyo.

Prasetyo juga menyebut bahwa pihaknya melalui panitia pemilihan (panlih) sudah memproses seluruh tahapan untuk melaksanakan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

Desakan untuk menunda adanya pemilihan wagub datang dari Fraksi PKS dan NasDem. Akhirnya, pada sore tadi melalui pembahasan rapat pimpinan DPRD dan panitia pemilihan memutuskan untuk menunda agenda tersebut.

"Hanya tinggal satu tahapan lagi, yakni paripurna pemilihan. Kami akan segera laksanakan jika situasi sudah membaik dan normal seperti sedia kala," kata Prasetyo.

Nantinya, 106 anggota DPRD bakal memberikan suaranya kepada salah satu calon wagub, yakni calon dari Gerindra Ahmad Riza Patria dan calon dari PKS Nurmansjah Lubis. (OL-8)

BERITA TERKAIT