20 March 2020, 19:25 WIB

Bank BUMN, Ayo Turunkan Bunga Bagi UKM Kita


Hilda Julaika | Ekonomi

Menteri BUMN Erick Thohir membenarkan banyak sektor ekonomi yang terpukul karena gejolak pandemi virus Covid-19. Salah satunya sektor usaha kecil, dan menengah (UKM).

Untuk itu, Kementerian BUMN akan berkoodinasi dengan lembaga terkait untuk segera mengeluarkan kebijakan untuk membantu industri. Salah satunya dengan mendorong bank-bank BUMN untuk turunkan suku bunga UKM.

“Kita juga memastikan agar sektor bisnis bisa tetap berjalan. Kita pastikan bank-bank BUMN turunkan suku bunga UKM agar yang punya pinjaman ke bank-bank BUMN bisa diberi keringanan,” ujar Erick melalui telekonferensi di Jakarta, Jumat (20/3).

Adapun untuk mekanisme suku bunga yang akan digunakan belum ditentukan karena baru dilakukan rapat pagi ini. Nantinya akan ada koordinasi dengan kementerian lain dan Bank Indonesia (BI). Namun, Erick memastikan kebijakan penurunan suku bunga ini akan segera diambil.

Ojol Masuk dalam Paket kebijaakan Lanjutan Pemerintah

“Mekanisme akan dikoordinasikan dengan kementerian dan BI, tapi kebijakan itu akan segera diambil. Termasuk penerbitan obligasi harus ada izin Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Termasuk bantuk relaksasi industri yang terkena. Tapi harus dilihat track recordnya,” ungkapnya.

Selain untuk sektor UKM, Erick pun mengatakan akan memberikan relaksasi untuk sektor terdampak lainnya. Adapun sektor terparah yang terdampak adalah hotel, restoran, pariwisata, dan penerbangan. Karena itu, Kementerian BUMN akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera meluncurkan kebijakan yang membantu industri yang terdampak tersebut. (E-1)

BERITA TERKAIT