20 March 2020, 17:14 WIB

Mulai Sabtu (21/3), Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Covid-19


Nur Azizah | Humaniora

WISMA Atlet Kemayoran akan dijadikan rumah sakit darurat covid-19 mulai Sabtu (21/3). Sehingga, di lokasi itu bisa menampung hingga 15 ribu pasien.

"Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat covid-19 dan sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam," kata Presiden Joko Widodo saat telekonferensi di Istana Bogor, Jumat (20/3).

Baca juga: Jubir: Rapid Test Covid-19 Cuma Butuh 2 Menit untuk Tahu Hasil

Jokowi juga memerintahkan seluruh kementerian, lembaga, dan BUMN untuk meminjamkan bangunan pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) mereka sebagai pusat isolasi. Namun, ini menjadi opsi terakhir bila rumah sakit rujukan tidak mampu menangani lonjakan pasien.

"Saya melihat daerah sudah menyiapkan rumah sakit, tapi saya sudah sampaikan ke Mendagri untuk juga menyiapkan gedung-gedunh yang mungkin bisa dipakai untuk karantina kalau memang RS tidak mencukupi," ungkap dia.

Baca juga: Berani Langgar Swakarantina, Presiden Serbia Ancam Hukum Jovic

Adapun pembangunan rumah sakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau baru diproyeksikan rampung, Sabtu (21/3). Rumah sakit ini akan dilengkapi dengan ruang observasi yang bisa menampung 500 tempat tidur.

Ruang observasi ini akan berbentuk seperti barak, di mana satu barak terdiri dari enam hingga delapan tempat tidur. Selain ruang observasi, terdapat juga ruang isolasi yang dibangun untuk sekitar 50 orang.

Baca juga: Uskup Agung Ende Instruksikan Setop Semua Aktivitas Gereja

Rinciannya, 30 kamar Intensive Care Unit ntuk perawatan lebih intensif dan 20 kamar non-ICU. Ia menjamin seluruh peralatan sesuai standar yang berlaku.

"Saya akan menggerakkan semua kekuatan pemerintah dan negara untuk mengatasi kesulitan ini baik permasalahan kesehatan dan sosial ekonomi yang mengikutinya," pungkas dia. (X-15)

BERITA TERKAIT