20 March 2020, 17:01 WIB

Jubir: Rapid Test Covid-19 Cuma Butuh 2 Menit untuk Tahu Hasil


Cindy Ang | Humaniora

TES massal virus korona atau rapid test covid-19 di Indonesia hanya membutuhkan waktu selama dua menit. Walau metode ini memiliki sensitivitas berbeda tiap orang.

"Pemeriksaan massal dengan tes darah dan menggunakan alat, kemudian dalam waktu kurang dari dua menit maka akan bisa kita selesaikan hasilnya," kata Juru bicara pemerintah untuk penanggulangan korona, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (20/3).

Baca juga: RI Pesan Obat Antimalaria dan Flu Jepang untuk Atasi Covid-19

Yuri menerangkan tes massal bakal dilakukan kepada orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif korona. Tercatat ada 600 hingga 700 ribu kelompok yang berisiko terinfeksi korona.

"Pemerintah siapkan sekitar satu juta kit (alat tes) untuk pemeriksaan secara massal identifikasi kasus positif," ucap Yuri.

Baca juga: Bertambah, Penderita Covid-19 Meninggal Jadi 32 Orang

Lanjutnya, orang yang berisiko terjangkit bakal dianalisis tingkat risiko tertular covid-19. Yuri mencontohkan bila pasien dinyatakan positif korona kemudian dilakukan tracing (pencarian jejak selama 14 hari).

Baca juga: Dompet Kemanusiaan Media Group Serahkan Bantuan APD

Dari tracing tersebut diketahui pasien sering di rumah dan pergi ke kantor. "Apabila dia di rumah, seluruh rumah akan diperiksa. Bila di kantor, seluruh orang di kantor akan kami periksa," terang Yuri.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan rapid test virus korona sudah dijalankan mulai sore ini. Tes buat memastikan seseorang terjangkit virus korona atau tidak. (X-15)

BERITA TERKAIT