20 March 2020, 16:27 WIB

RI Pesan Obat Antimalaria dan Flu Jepang untuk Atasi Covid-19


Nur Azizah | Humaniora

PEMERINTAH Indonesia memesan 2 juta obat Avigan untuk penderita virus korona (covid-19). Tak hanya itu, Chloroquine pun sudah dipesan sebanyak tiga juta.

Avigan merupakan obat favipiravir, atau obat flu, yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Sedangkan Chloroquine obat antimalaria.

Baca juga: Bertambah, Penderita Covid-19 Meninggal Jadi 32 Orang

Kedua obat ini dianggap ampun mengatasi Covid-19 dan sudah dipakai di Tiongkok. Kedua obat ini juga yang menjadi komponen antivirus yang dipakai negara tirai bambu itu.

"Kita telah mendatangkan 5.000 avigan dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kedua, Chloroquine ini kita telah siap 3 juta," kata Presiden Joko Widodo dalam telekomunikasinya di Istana Bogor, Jumat (20/3).

Baca juga: Anggaran Covid-19 Capai Rp62 T, Menkeu: Jangan Dikorupsi

Jokowi menegaskan pemerintah tidak akan tinggal diam. Ini menjadi bukti pemerintah bergerak mencari solusi.

"Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan covid-19," pungkas Presiden.

Baca juga: IDI: Tingkat Akurasi Deteksi Covid-19 dengan Rapid Test Capai 95%

Sementara itu, rapid test atau tes cepat mulai dilakukan sore ini. Jakarta Selatan menjadi wilayah pertama yang melakukan tes tersebut dengan alasan penyebaran pasien positif korona paling banyak di kawasan itu. (X-15)

BERITA TERKAIT