20 March 2020, 16:26 WIB

Api Olimpiade 2020 Tiba di Jepang


Akmal Fauzi | Olahraga

API Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya mendarat di Jepang, pada Jumat (20/3) waktu setempat. Setelah diterbangkan dari Yunani, satu hari sebelumnya.

Prosesi penyerahan api berbeda dari edisi sebelumnya, karena terjadi di tengah kekhawatiran pandemi virus korona (Covid-19). Apalagi, seruan pembatalan pesta olahraga akbar terus menggema.

Prosesi penerimaan api Olimpiade 2020 dilakukan sederhana tanpa penonton di Pangkalan Udara Matsushima, Higashimatsushima, Miyagi, yang berlokasi di bagian utara Jepang. Mantan atlet Jepang, Saori Yoshi dan Tadahiro Nomura, menyulutkan api ke kaldron yang telah disiapkan.

Baca juga: Jepang Ngotot Olimpiade Tokyo Sesuai Jadwal

Penyambutan api Olimpiade 2020 itu hanya dihadiri sekelompok kecil perwakilan Panitia Pelaksana Olimpiade Tokyo, pejabat terkait dan media.

"Anak-anak berencana ikut dalam penyambutan nyala api Olimpiade. Tetapi, kami memutuskan untuk membatalkannya, kami mengutamakan keselamatan mereka," tutur kepala Tokyo 2020, Yoshiro Mori.

Prosesi kirab obor dimulai pada 26 Maret 2020. Fukushima dipilih sebagai lokasi pertama kirab obor Olimpiade 2020. Daerah tersebut berjarak 250 kilometer dari Tokyo, tuan rumah pesta olahraga empat tahunan. Panitia penyelenggara beberapa kali menyatakan Olimpiade yang dijadwalkan pada 24 Juli sampai 9 Agustus, berjalan sesuai jadwal.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT