20 March 2020, 16:12 WIB

Bertambah, Penderita Covid-19 Meninggal Jadi 32 Orang


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

PEMERINTAH mengumumkan terdapat 60 kasus baru korona (covid-19). Secara total, pasien positif covid-19 per 20 Maret mencapai 369 orang. Penambahan juga terjadi untuk pasien yang meninggal yakni sebanyak 7 orang sehingga totalnya mencapai 32 orang.

"Ada penambahan kasus baru yang kita catat dari 19 Maret sampai 20 Maret. Ada 60 kasus baru, sehingga jumlah total adalah 369," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Jumat (20/3).

Baca juga: Anggaran Covid-19 Capai Rp62 T, Menkeu: Jangan Dikorupsi

Untuk pasien positif yang berhasil sembuh terdapat penambahan satu kasus sehingga total menjadi 17 orang pasien sembuh.

"Jumlah ini adalah catatan yang kita dapat dari keseluruhan pergerakan data yang kami dapat di hari ini," imbuh Yurianto.

Baca juga: Dompet Kemanusiaan Media Group Serahkan Bantuan APD

Dia mengatakan prosedur yang dilakukan untuk semua pasien kasus baru langsung dikirim ke rumah sakit menjalani perawatan. Kemudian, data kasus baru juga dikirim ke dinas kesehatan setempat untuk segera melakukan pelacakan kontak.

Baca juga: IDI: Tingkat Akurasi Deteksi Covid-19 dengan Rapid Test Capai 95%

"Datanya kami kirim ke dinkes untuk melihat identitas alamat dan lainnya secara lengkap sehingga bisa digunakan untuk contact tracing siapa saja yang pernah kontak dekat dan dilakukan pemeriksaan. Ini upaya kita mencari, menemukan, dan mengisolasi kasus positif supaya tidak menyebar," ujarnya. (Ata/X-15)

BERITA TERKAIT