20 March 2020, 16:08 WIB

Jembatan Musi II Palembang Ditutup Selama 14 Hari


Dwi Apriani | Nusantara

JEMABATAN Musi II Palembang harus ditutup selama 14 hari ke depan. Pasalnya, pelat permukaan jembatan jebol, sehingga butuh perbaikan secepatnya.

Saat ini, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V sudah mulai melakukan perbaikan terhadap lantai jembatan. "Untuk jembatan Musi II ini termasuk rusak parah. Karena itu kami langsung menutup akses lintas menuju jembatan tersebut. Kami tutup akses ke jembatan selama 14 hari," ujar Kepala BBPJN Wilayah V Kiagus Syaiful Anwar, Jumat (20/3).

Syaiful menuturkan, rusaknya jembatan yang dibangun pada 1992 itu lantaran plat lantai jebol karena termakan usia. "Itu untuk memperbaiki lantainya harus kita buka. Kerusakan satu segmen sepanjang 5 meter dan baut ini karena usianya, bukan dicuri," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Minta 30 Jembatan dan 19 Sekolah di Lebak Diperbaiki

Meski sudah berusia tua, jembatan itu selalu dirawat secara rutin. Namun, plat baja tiba-tiba jebol setelah 3-4 baut terlepas. "Kita ada dana rutin, dana berkala merawat jembatan. Setelah dicek stringer bautnya lepas ada 3 atau 4. Karena inilah lepas plat lantainya," pungkas Syaiful.

Selama masa perbaikan, kata Syaiful, pihaknya telah berkoordinasi denganSatlantas untuk pengaturan lalu lintas. "Arus lalu lintas kita usahakan sebagian masuk ke Jembatan Ampera. Ini ditutup agar tidak ada terjadi hal yang tidak kita inginkan," katanya.

Selain jembatan Musi II, pihaknya juga mencatat sebanyak empat jembatan masuk dalam kategori rusak ringan di Sumatra Selatan. Kerusakan jembatan ditemukan setelah pihaknya melakukan survei dan pengecekan secara berkala. “Salah satu jembatan yang kategori rusak ringan berada di Kabupaten Lahat. Kami sudah mengalokasikan anggaran perbaikan sejumlah jembatan,” tutup Syaiful.(OL-11)

BERITA TERKAIT