20 March 2020, 16:08 WIB

Dompet Kemanusiaan Media Group Serahkan Bantuan APD


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

DOMPET Kemanusiaan Media Group menyerahkan sejumlah kebutuhan alat pelindung diri (APD) berupa 14 kotak masker N95 dan 100 kotak sarung tangan kepada rumah sakit rujukan penanganan pandemi virus corona (covid-19) di Jakarta dan sekitarnya.

Penyaluran APD akan didistribusikan oleh tim Co-Hope FK Universitas Indoensia.

Baca juga: IDI: Tingkat Akurasi Deteksi Covid-19 dengan Rapid Test Capai 95%

Ketua Yayasan Media Group Ali Sadikin mengatakan, saat ini pihaknya membuka dompet kemanusiaan dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 di sejumlah wilayah.

"Kita harapkan ini menjadi wadah masyarakat yang ingin meringankan beban masyarakat lain yang terdampak," kata Ali di Lobby Grand Metro TV, Jakarta Barat, Jumat (20/3).

Baca juga: Kisah Jurnalis PDP Covid-19 saat Jalani Tes Pemeriksaan

Media Group menyerahkan beberapa paket APD kepada tim Co-Hope FKUI yang nantinya akan didistribusikan ke sembilan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Jakarta.

"Kita harap nanti bantuan ini bisa disalurkan kepada para medis untuk kebutuhan sehari-hari mereka," sebutnya.

Baca juga: Bima Arya Positif Covid-19, Mendagri Apresiasi Sikap Terbuka

Menurutnya, para tenaga medis sempat dicemaskan dengan kekurangan APD sehingga mereka terganggu dengan kondisi keselamatan diri sendiri.

"Ada banyak kekurangan APD ini, misalnya security, yang penyiapkan makanan, cleaning servis mereka tidak kebagian peralatan ini. Pasti mereka sangat membutuhkan ini, makanya kita serahkan," terangnya.

Bantuan-bantuan itu terkumpul dari masyarakat, pemirsa Metro TV, dan pembaca Media Indonesia yang menyalurkan bantuannya melalui Yayasan Media Group.

"Ke depan kita akan menyiapkan lebih banyak APD untuk bisa memenuhi kebutuhan para medis yang berjuang di garda terdepan dalam melawan pandemi covid-19 di Tanah Air," lanjutnya

Penanggung Jawab Co-Hope, Yosilia Nursakina menyebut berbagai rumah sakit rujukan covid-19 menghadapi kekurangan APD bagi tenaga kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya mengadakan penyediaan dan pendistribusian APD bagi tenaga kesehatan yang berkontak langsung dengan pasien.

"Kami akan mendistribusikan APD ini untuk tenaga kesehatan dan seluruh elemen rumah sakit, di RSUP Persahabatan dan RS Fatmawati," sebut Yosilia

Pihaknya memilih kedua RS tersebut untuk pendistribusian awal karena menjadi RS rujukan yang sangat mendesak membutuhkan peralatan tersebut.

"Rumah sakit rujukan penanganan covid-19 saat ini sangat membutuhkan," terangnya

Harapannya lebih banyak lagi APD yang terkumpul untuk bisa menyalurkan ke 9 rumah yang telah siagakan menangani pasien covid-19.

"Data yang kami miliki ada beberapa RS yang memiliki APD hanya untuk beberapa hari ke depan, ini yang kita khawatirkan. Makanya kami terus bergerak mengumpulkan dan menyalurkan bantuan ini," katanya.

Hingga kini, pihaknya masih mendata rumah sakit lainnya yang terkena dampak kasus Covid-19 di kawasan Jabodetabek, seperti RS Universitas Indonesia dan RS Pertamina, untuk menilai kebutuhan APD bagi tenaga kesehatan yang bertugas di RS tersebut. (X-15)

BERITA TERKAIT