20 March 2020, 15:15 WIB

Salat Jumat Digelar Karena Banyak Jamaah Datang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MASJID At-Taqwa, Utan Kayu, Jakarta Timur masih menyelenggarakan shalat Jumat siang ini.

Namun, menurut salah seorang jamaah, Satrio, 29, awalnya pengelola masjid tidak berniat menggelar shalat jumat. Hal itu diketahui saat ia bertanya pada orang yang hadir lebih awal di dalam masjid.

"Awalnya tidak ada shalat jumat. Saya ke sini hanya untuk mampir shalat zuhur karena sedang di jalan ada pekerjaan," kata Satrio kepada Media Indonesia, Jumat (20/3).

Namun, selepas berwudhu, Satrio yang bekerja sebagai wirausaha itu mendengar pengelola masjid bertanya kepada para jemaah yang hadir lewat pengeras suara.

"Orang DKM tanya ke jemaah mau shalat jumat atau tidak karena yang hadir di masjid sudah lebih dari 40 orang sesuai syariat. Akhirnya yang di dalam menyetujui dan shalat jumat digelar. Saya pun ikut," kata warga Kebayoran Lama itu.

Meski sedikit khawatir terkena virus korona, ia mengatakan shalat jumat tetap dilakukan dengan khusyuk. Ia juga sempat membersihkan titik tempat ia shalat dengan tisu antiseptik.

"Tapi di masjid itu juga tidak pakai sajadah. Kami juga syafnya nggak terlalu rapat, jarang-jarang. Siku saya sama sebelah saya ga bersentuhan," terangnya.

Sebelumnya, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyerukan agar rumah ibadah tidak lagi menggelar ibadah bersama untuk mengurangi risiko penularan. Seruan ini berlaku selama dua pekan mendatang.

Seruan peniadaan ibadah bersama seperti shalat jumat, ibadah minggu bagi umat Katolik dan Kristen hingga perayaan-perayaan menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 25 Maret nanti.(OL-4)

BERITA TERKAIT