20 March 2020, 12:43 WIB

Terapkan Social Distancing, Layanan Pembayaran Pajak Dibatasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BADAN Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta membatasi sejumlah pelayanan pembayaran pajak guna menerapkan social distancing untuk mencegah penularan virus korona atau Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Arismansyah, mengatakan layanan di kantor bersama Samsat Jakarta Utara dan Pusat yang terletak di Jalan Gunung Sahari Nomor 13, Pademangan, ditutup pada Kamis (19/3).

Baca juga: PKS Minta Warga Jangan Ngeyel Laksanakan Salat Jumat Berjamaah

"Layanan kantor bersama Samsat Jakarta Pusat dan Utara akan dibuka kembali pada tanggal 23 Maret mendatang," ujar pria yang akrab disapa Aris itu, Jumat (20/3).

Ia mengungkapkan, layanan kantor bersama Samsat Jakarta Pusat dan Utara sementara waktu dialihkan ke wilayah Jakarta Barat, Selatan dan Timur.

"Wajib pajak yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) untuk wilayah Jakarta Utara dan Pusat dapat mendatangi kantor Samsat Jakarta Barat, Selatan dan Timur," ungkapnya.

Selain itu, gerai samsat di Mal serta kantor Samsat di lima wilayah juga ditutup hingga tanggal 31 Maret 2020. Sementara, layanan di kantor Samsat Induk, Samling atau Samsat Keliling, dan Drivethru tetap dibuka

"Seluruh pelayanan Samsat pada hari Sabtu tanggal 21 hingga 28 Maret 2020 juga ditutup," tuturnya.

Baca juga: Menjajal Chatbot WhatsApp Covid-19

Ia menambahkan, warga yang hendak menunaikan pembayaran PKB bisa dapat melalui sistem online seperti aplikasi 'Salmonas' dan E-samsat Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh di Google playstore.

"Warga mengisi formulir penyetoran PKB tahun berjalan mengisi melalui aplikasi e-samsat. Nanti akan ada resi pembayaran PKB untuk dibayar melalui ATM bank yang ditunjuk," tambahnya.(OL-6)

BERITA TERKAIT