20 March 2020, 11:39 WIB

Erick Thohir Ajak Masyarakat Jadi Relawan Covid-19


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka rekrutmen volunter untuk mengatasi penyebaran virus korona (Covid-19). Adapun, bidang yang diperlukan ialah tenaga medis dan nonmedis.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan pandemi Covid-19 menjadi persoalan bersama. Erick mengajak masyarakat terlibat aktif untuk membantu pemerintah dalam menangani penyebaran virus korona.

"Saya mengajak putra-putri terbaik bangsa bersatu padu menjadi volunter kemanusiaan menuju Indonesia sehat," ujar Erick di Jakarta, Jumat (20/3).

Baca juga: Imam Besar Istiqlal Imbau Umat tidak Lakukan Kegiatan Berjamaah

Kriteria yang dibutuhkan, yaitu masyarakat berdomisili di Jabodetabek, berusia maksimal 40 tahun, diutamakan belum berkeluarga, serta dinyatakan sehat dengan surat keterangan rumah sakit atau dokter. Ketentuan lain ialah tidak merokok, siap untuk berkomitmen dan bertanggung jawab, berikut surat izin dari keluarga.

Nantinya, orang yang terpilih akan diberikan pelatihan penanggulangan Covid-19. Kemudian, pembekalan keselamatan kerja Covid-19 dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC), perlengkapan alat pelindung diri (APD), serta jaminan biaya kesehatan selama menjadi volunter.

Erick menekankan seluruh elemen bangsa harus bersatu melawan Covid-19. Dengan semangat gotong-royong, Indonesia dikatakannya mampu mengatasi virus korona. Dia pun meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat terhadap langkah dan kebijakan yang diambil pemerintah.

Baca juga: Doni Monardo Ajak Warga Jadi Pahlawan Kemanusiaan

"Kami mengimbau masyarakat dapat mendukung dan mengkomunikasikan langkah mulia ini demi bangsa dan negara. Mari bersatu melawan virus korona. Kobarkan semangat untuk Indonesia maju dan kuat," tegas Erick.

Pendaftaran volunter berlangsung 19-20 Maret. Masyarakat yang ingin bergabung dalam upaya penanggulangan Covid-19, bisa mendaftarkan diri ke http://tiny.cc/Volunteer_COVID19.

Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) akan mengumumkan hasil seleksi volunter dan tes Covid-19 bagi volunter terpilih pada 21 Maret. Para volunter terpilih akan mendapat pengarahan dan pelatihan pada 22 Maret dan mulai bekerja pada 23 Maret.(OL-11)

BERITA TERKAIT