20 March 2020, 05:46 WIB

Jumlah Korban Tewas Akibat Covid-19 di Italia Lampaui Tiongkok


Whisnu Mardiansyah, Nur Aivanni | Internasional

ITALIA kini menempati daftar teratas jumlah angka kematian akibat Covid-19 atau virus korona di dunia. Angka kematian yang mencapai 3.405 orang melampaui angka kematian Covid-19 di Tiongkok, tempat virus itu pertama kali ditemukan, yang sebanyak 3.245 orang.

Seperti dilansir Aljazeera, angka kematian Covid-19 terkini di Italia mencapai 3.405. Jumlahnya meningkat signifikan dalam 24 jam terakhir mencapai 427 kasus kematian yang membuat kasus kematian akibat virus korona di Italia menjadi yang tertinggi di dunia.

Sehari sebelumnya, Kamis (19/3), Italia mencatat angka kematian tertinggi dalam satu hari yaiut sebanyak 475 kasus. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan penyebaran pandemi itu, misalnya dengan menutup sekolah, kota, dan memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat.

Baca juga: Kematian Pertama Akibat Korona di Rusia, Perempuan 79 Tahun

Tindakan lockdown atau penutupan secara menyeluruh yang diambil Pemerintah Italia atas pandemi virus korona akan diperpanjang. Hal itu ditegaskan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, Kamis (19/3).

Diberlakukan secara nasional pada 12 Maret, penutupan sebagian besar bisnis dan larangan pertemuan publik di Italia pada awalnya akan berakhir pada 25 Maret. Dengan adanya perpanjangan, lockdown akan berakhir pada 3 April.

"Langkah-langkah yang telah kami ambil harus melampaui batas waktu aslinya," kata Conte kepada surat kabar Corriere della Sera, yang dikutip AFP, Kamis (19/3).

Conte mengacu pada penutupan banyak bisnis, kegiatan individu dan penutupan sekolah.

"Kami telah menghindari keruntuhan sistem, fungsi tindakan pembatasan," ucap Conte. (OL-1)

BERITA TERKAIT