19 March 2020, 23:20 WIB

Anies Minta Selama 3 Minggu Warganya Tidak Bepergian Jauh


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan covid-19 merupakan wabah yang serius. Oleh karenanya, ia mengatakan perlu ada penanganan yang tegas, yakni meminta warganya untuk tidak bepergian jauh dulu.

"Saya penting garis bawahi, jangan meninggalkan Jakarta. Paling tidak selama 3 minggu ke depan jangan bepergian. Bertahan dulu di Jakarta, tunda. Saya sampaikan ini karena kita tidak ingin Jakarta mengalami seperti yang dialami oleh tempat-tempat lain. Hari ini bela negara adalah dengan cara di rumah," kata Anies dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (19/3).

Anies mengimbau seluruh jajarannya, khususnya walikota, lurah, dan camat untuk melakukan antisipasi sosialisasi kepada warga dan antisipasi pencegahan penyebaran wabah covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Anies juga mengatakan walikota dan jajaran lainnya harus memastikan tiap keluarga memiliki akses tempat cuci tangan dengan air sabun. Lalu dilakukan pemetaan dan pendataan warga yang sedang atau baru kembali dari negara terjangkit covid-19.

Baca juga: Jubir Covid-19: 210 Kasus di DKI Jakarta, 17 Orang Meninggal

"Menyiapkan fasilitas karantina sementara di wilayah kelurahan bila ada warga yang punya potensi terpapar dan tidak bisa melakukan karantina di rumahnya sendiri," kata Anies.

Ia juga mengimbau agar warganya tidak ikut hadir ke acara acara perkumpulan massa seperti festival, pengajian, pertandingan olahraga, dan mendorong agar acara ditunda.

Selain itu, Anies minta walikota dan jajaran lainnya harus bisa menenangkan warga dengan memberikan informasi dan panduan resmi, serta menangkal berita dan informasi palsu atau yang tidak jelas kebenarannya.

"Ingatkan masyarakat untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Ingatkan masyarakat untuk tidak berkerumun. Minta kerumunan agar membubarkan diri," tutupnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT