20 March 2020, 03:00 WIB

Jinakkan DB dengan Kerja Bersama


(SL/LD/N-2) | Nusantara

UPAYA dan kerja keras bersama antara aparat dan masyarakat di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, dalam memerangi wabah demam berdarah (DB) membuahkan hasil. Jumlah korban yang tinggi selama Januari-Februari berhasil diturunkan pada Maret.

"Selama tiga bulan terakhir, total jumlah korban mencapai 215 orang. Jumlah korban pada Maret menurun dibanding Januari-Februari karena pada maret ini tidak ada korban yang meninggal dunia dan sebagian besar di antara mereka sudah di-nyatakan sembuh," ujar Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi Yes Isman, kemarin.

Menurut dia, berbagai program sudah digelar di 11 kecamatan untuk menanggulangi dampak DB. Dari fogging, pemantauan jentik, hingga penyebaran bubuk larvasida untuk membunuh jentik dan gerakan pemberantasan sarang nyamuk.

Berbeda dengan kondisi di sejumlah wilayah Pulau Jawa yang masih didera hujan, kasus DB masih tetap tinggi. Di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bulan ini saja sudah ada 99 kasus yang harus ditangani tim medis. Dua orang di antara mereka meninggal dunia.

"Tanpa peran masyarakat, tidak mudah mengalahkan DB," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto. (SL/LD/N-2)

BERITA TERKAIT