19 March 2020, 21:25 WIB

PMI Siap Latih Cara Disinfektan ke Petugas Rumah Ibadah


Henri Siagian | Humaniora

PALANG Merah Indonesia (PMI) siap melatih petugas rumah ibadah dalam hal tata cara melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain itu, PMI juga menyiapkan peralatan penyemprotan jika dibutuhkan..

Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla mengungkapkan itu saat pertemuan dengan pengurus DMI, Walubi, GKI, PGI, PHDI di Markas PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (19/3). 

Dalam pertemuan tersebut, seperti keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Jusuf Kalla menjelaskan soal transmisi virus corona yang dapat menimpa siapa pun. "Saya ada satu catatan. Virus ini tidak pilih-pilih," ucapnya.

JK mengimbuhkan, virus corona (covid-19) yang sudah menginfeksi puluhan ribu orang di dunia tak bisa terdeteksi keberadaannya. Bahkan, lanjutnya, virus itu menyerang tokoh-tokoh penting pemerintahan seperti menteri-menteri. 

Sehingga, JK meminta kepada para pengurus organisasi keagamaan dan rumah rumah ibadah ada di Indonesia untuk bersama sama PMI memerangi virus covid 19 ini. 

Menanggapi tawaran kerja sama PMI,. Keuskupan Agung Jakarta yang diwakili Kristiano Puspo mengapresiasi inisiasi PMI mengundangl pengurus rumah ibadah untuk berkoordinasi dan bersama sama memerangi virus covid-19. 

Menurut Kristiano, selama ini pihaknya sangat sulit mendapatkan masker dan hand sanitizer untuk digunakan para jemaat gereja. 

Ia juga telah menginstruksikan para jemaat untuk tidak bersalaman dengan para pendeta maupun dengan jemaat lainnya agar menghindari penyebaran virus covid-19. (X-15)

BERITA TERKAIT