19 March 2020, 21:25 WIB

Demi Kesehatan Konsumen, E-Commerce Diminta Jaga Sterilisasi


Mediaindonesia.com | Ekonomi

MEREBAKNYA wabah virus Korona (Covid-19) memang membuat khawatir. Apalagi pemerintah pun mengimbau masyarakat agar tidak terlalu banyak beraktivitas di luar, terutama yang melibatkan orang banyak.

Alhasil sebagian masyarakat mulai mengalihkan perhatian ke toko-toko online atau e-commerce untuk berbelanja memenuhi kebutuhan mereka. Meski begitu, salah seorang pengamat menyebut tidak ada jaminan barang dari toko online bebas virus Korona.

Saat menanggapi komentar tersebut, Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli mengaku paham benar dengan situasi saat ini. Untuk menjaga keamanan pelanggan, pihaknya meningkatkan prosedur sanitasi melalui pengiriman tanpa kontak.

Selain itu, mereka juga memantau kesehatan karyawan, proses sanitasi fasilitas kantor dan gudang, serta kebijakan work from home bagi karyawan.

"Sejalan dengan arahan dan instruksi pemerintah, kami juga menerapkan konsep social distancing, termasuk di warehouse pengiriman barang. Kami juga mengimbau untuk melakukan less contact dan/atau no contact mulai dari gudang hingga ke pengantaran barang," ujar Lisa dalam siaran persnya, Kamis (19/3).

Sebagai online superstore yang memiliki komitmen strategi bisnis Customer Satisfaction First, lanjut Lisa, pihaknya menempatkan keamanan pelanggan dan karyawan sebagai prioritas utama. 

"Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus COVID-19 yang semakin masif, kami menerapkan prosedur keamanan dan kebersihan di kantor dan area operasional logistik kami," ujarnya.

Mereka juga membersihkan area menyeluruh dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada area yang sering terjadi kontak, termasuk handling pintu, fingerprint, meja kantor, dan lift. 

"Sesuai dengan arahan dari pemerintah untuk melakukan social distancing dan menghindari tempat keramaian guna menghindari penyebaran COVID-19 di antara karyawan, maka manajemen juga melakukan berbagai inisiatif untuk menjaga keselamatan, kebersihan, dan kenyamanan karyawan."

"Manajemen secara berkala melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh karyawan sebelum memulai aktivitas di kantor," ujarnya. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT