19 March 2020, 19:30 WIB

Rumah Tahanan Kota Depok Tutup Kunjungan Cegah Covid-19


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

RUMAH tahanan (Rutan) Kota Depok memberlakukan locdown untuk mengantisipasi meluasnya sebaran virus korona atau Covid-19 , mulai hari ini, Kamis (19/3).

"Kebijakan peniadaan kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan nyata Rutan Kota Depok dalam memerangi Covid-19. Peniadaan kunjungan ini diberlakukan sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, paling cepat 14 hari atau mungkin lebih, mengikuti situasi dan kondisi di masyarakat," kata Kepala Rutan Kota Depok Deddy Cahyady, Kamis (19/3)

Menutup akses kunjungan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), menurut dia, menjadi pilihan tepat dalam upaya tindakan pencegahan penyebaran covid -19.

Saat ini terdata, Rutan Kota Depok menampung 1.800 tahanan titipan dan warga binaan atau Napi (narapidana).

Deddy khawatir, jika tidak dilakukan larangan kunjungan, upaya pemerintah melaksanakan social distancing  dilanggar dan dapat menjangkit ribuan warga binaan lainya.

"Meskipun penularan virus corona sangat mudah hanya dengan interaksi langsung sesama manusia, warga Binaan tidak perlu panik dan khawatir, namun dihimbau untuk tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Dedy mengaku, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga binaan dan masyarakat. Sementara untuk kunjungan langsung dialihkan menjadi layanan komunikasi virtual.

"Sentra Komunikasi Digital Rutan Kelas I Depok menyediakan fasilitas layanan Video Call gratis kepada Warga Binaan Pemasyarakatan," imbunya.

Sedangkan layanan Top Up E-PAS Card, Dedy meuturkan akan tetap dibuka, layanan itu merupakan pengisian saldo uang elektronik yang dipergunakan sebagai alat pembayaran warga binaan Rutan Kota Depok.

"Kegiatan pembinaan kerohanian yang melibatkan mitra pembinaan kerohanian Rutan Kota Depok untuk sementara diliburkan, dan pembinaan kerohanian tetap dilaksanakan dengan pembimbingan internal oleh petugas," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Social Distancing, Ponpes Terapkan Belajar di Rumah
Baca Juga: Prabowo: Kerahkan Pesawat TNI Ambil Alkes Covid-19 ke Tiongkok

BERITA TERKAIT