19 March 2020, 20:20 WIB

Dirut RSUP Persahabatan: Kami Dapat APD dari Dermawan


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

Banyak rumah sakit diperkirakan mengalami kekurangan stok alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus covid-19 saat ini. Direktur Utama RSUP Persahabatan, Rita Rogayah mengatakan pihaknya telah menerima sejumlah APD dari Kemenkes, dan juga bantuan para dermawan yang memberikan kebutuhan APD, seperti masker N95, baju, kacamata google, hazmal suit, dan alat lainnya.

"Masih cukup, mudah-mudahan selanjutnya tetap terpenuhi, sehingga semua tenaga kesehatan berkerja dengan aman," kata Rita dalam keterangannya, Kamis (19/3).

Untuk memberikan pelayanan prima, pihaknya menerapkan aturan shift kepada tenaga kesehatan, yaitu shift pagi, siang dan malam.

Baca juga: WHO: Kelangkaan Masker Bisa Menghambat Penanganan Covid-19

Rita menambahkan bahwa pihaknya memerlukan penambahan tenaga medis guna mengimbangi PDP semakin yang semakin meningkat hingga 130 pasien. "Untuk mengontrol pasien ini diturunkan beberapa dokter lagi, sehingga pelaksanaan layanan berjalan dengan baik," jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap ada penambahan ruangan hingga berjumlah 50 tempat tidur untuk menangani pasien covid-19. "Sekarang baru bisa menerima 30 pasien. Pasien lainnya masih ada di IGD. Semoga semua ruangan bisa segera rampung," paparnya.

Menurut Rita, kini RSUP Persahabatan merawat 23 pasien dengan rincian positif covid-19 sebanyak 17 pasien, PDP 6 pasien, dan 7 pasien masuk dalam pengawasan di IGD. "Sudah ada 9 pasien yang dinyatakan sembuh setelah dilakukan tes swab sebanyak dua kali. Hasilnya negatif," pungkasnya. (OL-14).

 

BERITA TERKAIT